Membuat GSM sniffer atau Detektor Ponsel

Compare hotel prices and find the best deal - www.hotelscombined.com
Alat ini merupakan perangkat yang baik untuk mencari pemancar GSM, dapat digunakan sebagai RF GSM tracker, untuk mencari sinyal telpon atau modem GSM tersembunyi.

Alat ini bisa juga disebut sebagai ponsel detektor. Detektor atau sniffer yang berukuran saku ini dapat mendeteksi ponsel aktif dari jarak satu setengah meter. Sehingga dapat digunakan untuk mencegah penggunaan ponsel di ruang kelas waktu ujian, kamar rahasia, dan lain-lain.

Rangkaian ini dapat mendeteksi panggilan masuk maupun keluar, SMS dan transmisi video, bahkan jika ponsel disimpan dalam modus diam. Saat bug RF mendeteksi sinyal transmisi dari ponsel aktif, maka secara otomatis mulai membunyikan alarm bunyi bip dan LED berkedip. Alarm berlanjut hingga transmisi sinyal berhenti.

Detektor RF biasa menggunakan rangkaian LC tidak cocok untuk mendeteksi sinyal pada frekuensi GHz yang digunakan pada ponsel. Frekuensi transmisi ponsel berkisar 0,9-3 GHz dengan panjang gelombang 3,3 sampai 10 cm. Jadi rangkaian gigahertz mendeteksi sinyal ini diperlukan untuk mobile bug.

SKEMA RANGKAIAN DETEKTOR PONSEL

Disini rangkaian menggunakan kapasitor (C3) 0,22 μF untuk menangkap sinyal RF dari telepon selular. Panjang kabel dari kapasitor adalah tetap sebesar 18 mm dengan jarak 8 mm antara arah untuk mendapatkan frekuensi yang dikehendaki. Dalam waktu bersamaan kapasitor bertindak sebagai antena loop gigahertz kecil untuk mengumpulkan sinyal RF dari telepon selular.

Op-amp IC CA3130 (IC1) digunakan dalam rangkaian sebagai pengubah arus tegangan dengan kapasitor C3 yang dihubungkan antara input pembalik dan non-pembalik. Ini merupakan versi CMOS yang menggunakan transistor MOSFET p-channel untuk memberikan input impedansi sangat tinggi, input arus rendah dan kecepatan kinerja yang tinggi. Keluaran transistor CMOS mampu mengayunkan tegangan output dalam 10 mV dari terminal sumber tegangan.

Kapasitor C3 dalam hubungannya dengan induktansi bertindak sebagai pemotong transmisi sinyal-sinyal dari telepon selular. Kapasitor ini menciptakan ruang, menyimpan energi dan transfer energi yang tersimpan dalam bentuk menit arus ke masukan dari IC1. Ini akan mengganggu input seimbang IC1 dan mengubah output arus tegangan yang sesuai.

Kapasitor C4 bersama dengan resistor R1 nilai tinggi terus menstabilkan input. Resistor R2 menyediakan jalan bagi pengosongan kapasitor C4. Input resistor R3 membuat input pembalik tinggi ketika keluaran menjadi tinggi. Kapasitor C5 (47pF) dihubungkan di 'strobe' (pin 8) dan 'null' input (pin 1) dari IC1 untuk fase kompensasi dan mendapatkan kontrol untuk mengoptimalkan respon frekuensi.

Ketika sinyal detektor ponsel terdeteksi oleh C3, output dari IC1 menjadi tinggi dan rendah secara bergantian sesuai dengan frekuensi sinyal seperti yang ditunjukkan oleh LED1. Hal ini memicu monostable Timer IC2 melalui kapasitor C7. Kapasitor C6 mempertahankan basis transistor T1 untuk beraksi lebih cepat. Nilai rendah komponen waktu R6 dan C9 menghasilkan penundaan waktu yang sangat singkat untuk menghindari gangguan audio.

Hasil rakitan sirkuit detektor ponsel harus bisa dimasukkan dalam kotak kecil seperti layaknya sebuah ponsel. Seperti disebutkan sebelumnya, kapasitor C3 harus memiliki panjang 18 mm dengan jarak memimpin 8 mm. Solder dengan hati-hati kapasitor dalam posisi berdiri dengan jarak yang sama dari lead. Anda dapat menggunakan antena pendek tipe teleskopik pendek.

Gunakan baterai 12V miniatur remote control dan bel kecil untuk membuat gadget ukuran saku. Alat ini akan memberikan indikasi peringatan jika seseorang menggunakan ponsel dalam radius 1,5 meter.

Bagi yang ingin mencoba. Spesifikasi bahan dan skema lengkap rangkaian dapat didownload disini.

0 komentar:

Post a Comment